Blog ini berisikan tentang informasi, tips/trik, tutorial, teknologi, dan lain-lainnya yang menarik untuk dibahas.

Motivasi Menulis

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh


Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah kersen, buah ini juga disebut dengan talok. Masyarakat lain menyebut buah kersen dengan nama buah keres, seri, ceri-cerian dan masih banyak lagi sebutan untuk buah ini. Pohon buah kersen sendiri banyak ditemukan dimana-mana dan dianggap sebagai tanaman liar.

Kersen (Mutingia Calabura) terkadang disebut juga sebagai ceri atau talok merupakan salah satu tumbuhan tahunan yang banyak dijumpai di daerah tropis karena dapat tumbuh dengan cepat dan mampu mencapai ketinggian 10 meter dan memiliki kanopi yang ridang sehingga sering digunakan sebagai pohon peneduh.

Kersen atau Muntingia calabura merupakan tumbuhan yang hidup di daerah tropis, termasuk Indonesia, dengan ketinggian pohon mencapai 8–15 meter. Saat matang, buah kersen memiliki cita rasa manis dan berair, serta memiliki warna yang khas yakni merah maroon, serta dipenuhi oleh biji berwarna kuning yang dapat dimakan. Selain dimakan langsung, buah kersen juga bisa diolah menjadi selai.

Nutrisi dan Berbagai Manfaat Buah Kersen

Buah kersen kaya akan vitamin C, antioksidan, serat, dan protein. Selain itu, buah berwarna merah ini juga diyakini memiliki sifat antiradang yang berperan dalam mencegah peradangan.

Adapun manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut 

  1. Menyehatkan Organ Pencernaan
    Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga tubuh dapat terhindari dari masalah gangguan pencernaan.
  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kandungan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan flavonoid di dalamnya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.
  3. Meringankan Kram Perut
    Sifat anti-septik dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah ini dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati kram perut.
  4. Mencegah Penyakit Kanker
    Berkat sifat anti-kanker yang dimiliki oleh buah kersen sudah dapat dipastikan bahwa buah ini juga mempunyai kemampuan untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  5. Meredakan Nyeri Rematik
    Berkat adanya sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang dimiliki oleh buah kersen dapat digunakan untuk meredakan nyeri rematik dan rasa nyeri pada bagian tubuh lainnya, seperti nyeri otot, nyeri pada bagian persendian hingga nyeri haid.
  6. Mencegah Dehidrasi
    Buah kersen mempunyai kadar air yang cukup tinggi, sehingga ketika dikonsumsi dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi merupakan sebutan yang digunakan untuk tubuh yang kekurangan asupan cairan.
  7. Menjaga Kesehatan Jantung
    Di dalam buah kersen terdapat sumber nutrisi yang berperan untuk melindungi miokardium yang berakibat pada penurunan signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim. Dengan kata lain, kandungan di dalam buah kersen mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya kebocoran enzim sehingga berguna untuk melindungi organ jantung.
  8. Mengobati Penyakit Asam Urat
    Buah kersen mempunyai kandungan senyawa dan zat-zat aktif yang dapat digunakan mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi secara teratur.
  9. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia
    Di dalam buah kersen terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.
Nah itulah manfaat buah kersen yang baik bagi kesehatan tubuh kita, tentu jangan disepelekan khasiat pohon atau semak yang satu ini. bagi anda yang memiliki rumah dengan pekarangan atau halaman luas disarankan menanam pohon yang satu ini, penanaman pohon ini cukup mudah karena masa tumbuhnya sangat cepat, serta bibitnya pun banyak tumbuh liar dimana-mana.

Labels: kesehatan

Thanks for reading Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh. Please share...!

0 Komentar untuk "Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh"

Back To Top